A.S. Laksana
jawapos.com
Pada suatu hari, ketika segala hal menjadi terang, dan begitu pun matamu, kau bisa mendapati seorang mayor bertingkah mencurigakan di rumahnya sendiri. Di rumah mayor itu Seto pernah datang sebagai juru selamat; ia membebaskan seorang berandal tanggung, anak si Mayor, dari keroyokan para bajingan depan losmen gara-gara urusan perempuan. ''Tinggallah di sini,'' kata Pak Mayor ketika Seto mengantar pulang si anak yang lebam.
Seto sudah minggat tiga bulan dari rumah ayahnya waktu itu dan ia tak punya tempat tinggal dan ia menjawab, ''Terima kasih.'' Maka, tidurlah si kribo itu di kamar belakang yang kosong, bersebelahan dengan kamar pembantu. Lima bulan menetap di sana, ia menabur kesan baik dan buruk, dan menanam beberapa ingatan yang akan merepotkan si Mayor ketika mereka kelak berhadapan sebagai seteru. Kau tahu, beberapa tahun nanti, pada hari pemberantasan gali di tahun 1984, Pak Mayor memang harus menumpas si juru selamat itu.
Di rumah yang ia tumpangi, Seto berjumpa lagi dengan urusan yang membuatnya ribut dengan ayahnya. Pak Mayor, kau tahu, sama seperti ayah Seto: ia suka berlari pagi dan ia juga meminta Seto menemaninya. Untungnya orang ini tidak terlalu gila; ia tidak berlari setiap hari dan tidak memaksa Seto menjadi tentara atau petinju --itu dua hal yang membuat Seto minggat dari rumah. Pak Mayor hanya berlari setiap Minggu pagi dan Seto, demi kesopanan, membuntutinya seperti anjing kampung. Ia tak mungkin berlari di depan si Mayor.
Selain menjadi anjing kampung seminggu sekali, ia mencuci mobil Pak Mayor setiap pagi dan mengawal si berandal setiap malam. Yang terakhir itu bukan tugas yang diberikan oleh si Mayor, Pramono sendirilah yang selalu mengajak Seto ke mana-mana. Tak sampai sebulan menemani si berandal, Seto tahu persis bahwa anak kedua Pak Mayor ini memang doyan kelayapan ke tempat pelacuran dan selalu mengatakan kepada ayahnya bahwa ia belajar di rumah teman. Anak pertama si Mayor kuliah di Bandung, tak ada urusan untuk disinggung-singgung di sini. Anak ketiga seorang perempuan kelas satu SMA, Tari namanya, suka mendekam di kamar, dan belum waktunya disinggung di sini. Lagi pula ini cerita tentang bagaimana cara si berandal menjadi anak emas Pak Mayor.
''Kau tak bisa menipu ayahmu terus-menerus,'' kata Seto. ''Lama-lama ia tak percaya padamu.''
''Ia selalu percaya padaku,'' kata Pramono.
''Kau tak bisa menipunya jika suatu hari kau kena penyakit,'' kata Seto.
Si berandal mengatakan bahwa ia sudah pernah terkena sipilis, tetapi ayahnya tetap percaya padanya. Ketika menyampaikan itu, Pramono mengatakannya dalam kombinasi rasa percaya diri yang berlebih dan senyum yang tampak licik. Seto menduga bahwa si Mayor punya rahasia dan anak ini tahu. Dan dugaannya benar.
Dan itu rahasia yang kau mudah menebaknya. Pak Mayor pernah menyisipkan sekuntum bunga ke telinga perempuan yang bukan istrinya. Itu upaya pertamanya berselingkuh. Perasaannya ruwet dan gerak-geriknya tersendat dan tenggorokannya mengering. Tentara setengah tua itu beberapa kali mendengar ucapan temannya bahwa seorang lelaki, jika tidak menjadi raja di rumah sendiri, niscaya akan menjadi setan di jalanan. Itu kalimat yang kupikir patut pula kaucamkan demi kebaikanmu sendiri. Bukankah nasihat yang baik tetaplah baik sekalipun keluar dari mulut seekor beruk?
Dan beruk itu, teman si Mayor, adalah orang yang menjadi raja di rumahnya sendiri. Ia beristri perempuan kantoran --perempuan yang cantik (ini relatif), bergaji baik (ini relatif), dan sangat menghormatinya (tak ada relativitas di sini, seorang tentara harus dihormati). Tetapi, lelaki itu, dengan singgasana kerajaan di rumah, memang pada dasarnya adalah seekor beruk yang bisa dengan enteng menyangkal kalimatnya sendiri: ia tetap menjadi setan di jalanan dan selalu berusaha memikat istri siapa pun yang berwajah muram. ''Istri-istri yang muram wajahnya,'' katanya, ''mudah jatuh ke pangkuan setan.''
Satu hal menjadi jelas dengan sendirinya, yakni bahwa beruk itu seratus persen tak bisa dipercaya. Dan sebenarnya Pak Mayor tidak terlalu peduli apakah orang itu bisa dipercaya atau tidak. Ia hanya memerlukan ucapannya untuk dijadikan sandaran. Ia memerlukan dalih yang bisa membebaskannya dari rasa bersalah, pada perselingkuhan pertama dan seterusnya.
Perempuan yang ia kencani, barangkali karena merasa tidak nyaman menyandang bunga dari lelaki yang --ia tahu-- sudah beristri, segera menanggalkan bunga itu dan menaruhnya begitu saja di meja. Dengan sedotan plastik ia sesap jus jeruk pesanannya demi mengendurkan kulit muka. Ia merasakan kulit mukanya sedikit mengencang tadi pada saat si Mayor menyisipkan bunga.
''Kau tidak suka?'' tanya si Mayor; ia merasa agak sia-sia.
Berjam-jam sebelum pertemuan Sabtu sore itu, ia berpikir keras untuk menciptakan adegan paling mesra yang bisa ia bayangkan. Dan ia memutuskan untuk menyelipkan bunga ke telinga perempuan itu. Sekuntum anggrek ungu, tepat dengan bentuk wajah perempuan itu, dan kekuatan metafisiknya akan mewujudkan keabadian cinta. Namun bunga itu terpasang hanya sebentar, tak sampai satu menit, sebab perempuan itu tersipu. Si Mayor tetap berharap cinta mereka abadi sekalipun bunga itu tak bertahan lama di telinga.
''Tak enak dilihat orang,'' kata perempuan itu.
''Kurasa tak ada yang mengenali kita di sini,'' kata si Mayor.
''Aku merasa tak enak.''
Pertemuan itu terjadi di Bandungan, sebuah pebukitan kurang lebih tiga puluh kilometer di selatan Semarang. Si Mayor, dan juga perempuan itu, tidak mengenali satu orang pun yang lalu lalang di rumah makan tempat mereka bertemu.
Namun itu keliru.
Dari tempat yang tak mereka ketahui, ada sepasang mata berandal tanggung yang terus menguntit. Ketika mereka pulang dengan mobil masing-masing, Pramono mengikuti perempuan itu sampai ke pagar rumahnya di Kaligarang. Peristiwa itu terjadi dua tahun sebelum Seto tinggal di rumah Pak Mayor. Saat itu si berandal baru beberapa bulan masuk SMA dan sudah suka kelayapan.
***
Sesungguhnya si Mayor tidak berniat menyakiti perasaan istrinya, namun Suhartini sering memiliki gairah untuk menyakiti perasaannya sendiri dengan detail yang tak tertebak. ''Kau bernyanyi terus sepanjang hari,'' katanya. ''Pasti ada perempuan lain yang membuatmu jatuh cinta.''
Itu serbuan tak terduga di hari Minggu malam, sehari setelah kencan pertama. Si Mayor mengatakan sesuatu tetapi tak jelas dan ia seperti buru-buru menelan kembali setiap kata yang ia keluarkan.
''Kau ngomong apa?'' tanya Suhartini.
''Aku memang suka bernyanyi, kau tahu itu,'' jawab si Mayor.
''Aku tidak tahu itu.''
''Jadi kau mencurigaiku?''
''Tingkahmu mencurigakan.''
Dari sini kau bisa tahu kenapa para pemburu gosip mudah sekali mendapatkan mangsa. Sebab cinta memang cenderung memamerkan dirinya sendiri, kadang di depan orang yang tidak tepat. Dan, si Mayor melupakan itu. Ia pikir tidak ada yang ganjil pada tingkah lakunya. Ia hanya merasa sedikit lebih riang dan ia menyanyi atau bersiul-siul begitu saja; sama sekali tidak terpikir olehnya bahwa itu karena jatuh cinta.
''Aku melakukan apa yang biasa dilakukan orang,'' katanya.
''Kau pasti sedang jatuh cinta,'' istrinya terus melabrak.
''Kau juga pernah bernyanyi-nyanyi dan aku tidak menuduhmu sedang jatuh cinta,'' gumam si Mayor.
Tanpa menggubris keberatan suaminya, Suhartini bergegas ke gudang penyimpanan barang-barang, membongkar tumpukan koran, dan kemudian kembali lagi dengan sebuah majalah lama yang ia buka pada halaman 43. Kepada suaminya ia sodorkan artikel itu: ''Sepuluh Gejala Pasangan Anda Berselingkuh.''
''Baca nomor enam!'' perintah Suhartini.
Si Mayor menatap artikel itu, matanya terbimbing ke nomor enam, dan ia merasa putus asa.
''Kau mempercayainya?'' tanyanya.
''Baca sendiri nomor enam!''
''Aku akan membaca dan tak perlu meyakini kebenarannya,'' kata si Mayor. ''Ini bukan sepuluh perintah Tuhan.''
Poin keenam mengingatkan agar kau waspada jika pasanganmu tiba-tiba suka bernyanyi. Hal itu, demikian poin keenam, merupakan gejala umum yang terjadi pada orang-orang yang sedang jatuh cinta. Si Mayor membacanya dengan mata lelah, dengan separuh hasrat untuk menyangkal dan separuhnya lagi tak berdaya.
Pramono tahu keributan itu dan ia mencari jalan untuk mendekati ayahnya dan ia mendapatkannya pada Rabu pagi ketika si Mayor sedang di teras menggosok-gosok tanda pangkatnya. Ia menarik kursi, dekat dengan ayahnya tetapi mempertahankan jarak tertentu di luar jangkauan.
''Semalam aku dari rumah temanku di Kaligarang gang lima, Yah,'' berandal itu berkata pelan.
Pak Mayor terus menggosok.
''Dan ada kabar baik. Tante itu menyampaikan salam buatmu.''
Pak Mayor berhenti menggosok.
''Apa maksudmu?'' hardiknya.
''Kalau kau teriak-teriak begini, nanti Ibu malah kemari.''
''Mandi sana! Atau kau mau membolos lagi hari ini?''
''Cantik dia,'' Pramono seperti bergumam untuk dirinya sendiri. ''Dan baik. Ia menawariku ikut kalau kalian pergi lagi ke Bandungan.''
Rahang Pak Mayor menegang. Ia ingin menampar kutu busuk ini, tetapi tangannya tak bergerak. Pramono meninggalkan ayahnya, berjalan pelan-pelan seperti memberi kesempatan kepada tentara setengah tua itu untuk menghentikannya. Tetapi Pak Mayor tak bersuara. ''Aku tidak bilang apa-apa pada ibu,'' kata berandal itu di mulut pintu.
Begitulah, pagi itu, sebelum para pemalas turun dari tempat tidur, sebuah persekongkolan telah terbangun, dan itulah jalan bagi si berandal untuk menjadi anak emas Pak Mayor. Ia tidak pernah keliru di mata ayahnya sejak itu, atau ayahnya tidak berani membuat perkara dengan si anak berandal. Dan Pramono benar-benar menunjukkan diri bahwa ia memiliki naluri seorang pemeras, mungkin itu bakat alami, dan ia mampu menggunakan rahasia yang tersimpan di ujung lidah untuk menarik keuntungan.
Pada saat-saat tertentu ia sengaja memperlihatkan kepada ayahnya betapa dekat ia dengan ibunya, menggelendot-gelendot manja, menyerempet-nyerempet bahaya. Si Mayor merasa seperti keledai tua yang ditunggangi pencoleng kecil, tetapi ia tidak bisa apa-apa.
Empat atau lima minggu setelah mereka ribut soal nyanyian, suasana berangsur-angsur pulih. Sore itu ia dan istrinya duduk-duduk di ruang tamu. Mayor menikmati rokok dan kopi yang diseduh oleh pembantu; istrinya menekuni pelbagai bentuk sanggul pada sebuah majalah. Pramono datang dari luar dan mengatakan, ''Kayak pengantin baru, nih,'' lalu terus masuk ke ruang dalam dan keluar lagi dengan segelas air putih. Ia duduk di sebelah ibunya.
''Sudah lama tidak kudengar ayah bernyanyi-nyanyi lagi,'' katanya. ''Ibu terlalu berlebihan, sih.''
O, bajingan anak ini! Pak Mayor merasa seperti ada cecak pada cangkir kopi yang diseruputnya. Suhartini seperti disulut dan tiba-tiba suhu tengkuknya naik dan ia merasakan lagi dorongan untuk mengamuk.
''Kau tahu apa soal itu?'' hardik Suhartini.
''Tentu saja aku tak tahu apa-apa,'' kata Pramono. ''Begitu kan, Yah? Aku tak tahu sama sekali, kan?''
''Apa yang kaukatakan ini?'' tanya Suhartini.
''Bukankah Ibu menanyakan aku tahu apa dan aku bilang aku tak tahu apa-apa. Dan aku memang tak tahu apa-apa.''
''Kalian pasti sudah bersekongkol.''
Pak Mayor duduk tegak dan waswas dan melipat tangan, seperti murid sekolah menyembunyikan ujung kuku hitamnya di hari Senin ketika guru berkeliling dengan penggaris besar. Ia geram, tapi bisa apa? Berandal itu tahu persis tentang perempuan yang dikencaninya dan ia pernah menyebut-nyebut Bandungan. Mungkin ia melihat gerak tangannya yang gemetar dan bahkan mendengar degup jantungnya yang tak terkendalikan. Di mana ular kecil ini waktu itu?
Merasa cukup dengan mereka, Pramono meninggalkan ruang tamu; meninggalkan ibunya yang mengingat lagi poin keenam; meninggalkan ayahnya yang menyimpan geram. Pak Mayor tetap duduk di situ sekalipun tidak betah; ia tak mungkin meninggalkan istrinya kendati pikirannya sangat runyam. Kau tahu, situasi mereka akan seperti itu sampai lama, namun tetap baik-baik saja.
Pada hari Seto datang ke rumah itu sebagai juru selamat, keadaan mereka masih begitu --runyam dan baik-baik saja-- tetapi dengan sedikit perubahan dan beberapa variasi. Pak Mayor menjadi gemetar menghadapi istri sendiri namun semakin terampil menyelipkan bunga atau telapak tangan pada perempuan yang bukan istrinya. Pramono tetap menjadi anak emas; ia kelayapan tiap malam dan selalu mengaku belajar di rumah teman. Ia kena sipilis dua kali dan Pak Mayor tidak pernah mempertanyakan apa yang dipelajarinya di rumah teman sehingga bisa dua kali kena sipilis.
Seto di sana lima bulan. Ia menjadi anjing kampung seminggu sekali dan melakukan apa yang harus dilakukan dan menjadi anak emas istri Pak Mayor sejak pertengahan bulan kedua. Pernah juga ia bernyanyi-nyanyi seharian dan Suhartini mengingatkannya jangan bernyanyi-nyanyi. Ia lalu menulis puisi-puisi, kebanyakan tentang peri dan pelangi dan para putri, di buku catatan yang ia lupa bawa pada saat meninggalkan rumah itu. Aku tidak tahu apakah Tari atau Suhartini yang menyimpannya. Anak bungsu Pak Mayor tak bisa diajak bicara dan Suhartini sebenarnya baru 78 tahun saat ini, tetapi ia sudah lupa banyak kejadian.***
Wahyaning wahyu tumelung, tulus tan kena tinegor (wirid hidayat jati, R.Ng. Ronggowarsito)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Label
`Atiqurrahman
A Muttaqin
A Rodhi Murtadho
A. Iwan Kapit
A. Purwantara
A. Qorib Hidayatullah
A. Zakky Zulhazmi
A.H.J Khuzaini
A.S. Laksana
Aang Fatihul Islam
Abdul Azis Sukarno
Abdul Aziz Rasjid
Abdul Hadi WM
Abdul Kadir Ibrahim
Abdul Lathief
Abdul Malik
Abdul Wachid B.S.
Abdurrahman El Husaini
Abidah El Khalieqy
Abu Salman
Acep Zamzam Noor
Achdiat K. Mihardja
Adek Alwi
Adi Suhara
Adnyana Ole
Adreas Anggit W.
Afrion
Afrizal Malna
Aguk Irawan MN
Agung Dwi Ertato
Agus B. Harianto
Agus Buchori
Agus Himawan
Agus R. Sarjono
Agus R. Subagyo
Agus Sulton
Agusri Junaidi
Agustinus Wahyono
Ahda Imran
Ahmad Badrus Sholihin
Ahmad Fanani Mosah
Ahmad Fatoni
Ahmad Ikhwan Susilo
Ahmad Kekal Hamdani
Ahmad Muchlish Amrin
Ahmad Musabbih
Ahmad Rofiq
Ahmad Sahidah
Ahmad Tohari
Ahmad Yulden Erwin
Ahmad Zaini
Ahmadun Yosi Herfanda
Ajip Rosidi
Akhiriyati Sundari
Akhmad Muhaimin Azzet
Akhmad Sekhu
Alex R. Nainggolan
Alex Suban
Alunk Estohank
Ami Herman
Amien Kamil
Amien Wangsitalaja
Aminudin R Wangsitalaja
Anastasya Andriarti
Andreas Maryoto
Anes Prabu Sadjarwo
Angela
Angga Wijaya
Angkie Yudistia
Anindita S Thayf
Anis Ceha
Anjrah Lelono Broto
Anton Kurnia
Anton Kurniawan
Anton Wahyudi
Anugrah Gio Pratama
Anwar Nuris
Aprinus Salam
Arie MP Tamba
Arif B. Prasetyo
Arif Bagus Prasetyo
Arif Hidayat
Arman A.Z.
Arti Bumi Intaran
Arys Hilman
AS Sumbawi
Asarpin
Asef Umar Fakhruddin
Asep Sambodja
Asrama Mahasiswa Aceh SABENA
Astrikusuma
Asvi Warman Adam
Atep Kurnia
Awalludin GD Mualif
Aziz Abdul Gofar
Azizah Hefni
Badrut Tamam Gaffas
Bagja Hidayat
Bagus Takwin
Balada
Bale Aksara
Baltasar Koi
Bambang Agung
Bambang Kempling
Bamby Cahyadi
Bandung Mawardi
Bayu Insani
Beni Setia
Benny Arnas
Benny Benke
Berita
Berita Duka
Berita Utama
Bernando J. Sujibto
Berthold Damshauser
Binhad Nurrohmat
Blambangan
Brunel University London
BSW Adjikoesoemo
Budaya
Budhi Setyawan
Budi Darma
Budi Saputra
Budi Suwarna
Bung Tomo
Cak Kandar
Catatan
Cerpen
Chairil Anwar
Chavchay Syaifullah
Cucuk Espe
Cunong N. Suraja
D. Zawawi Imron
Dadang Ari Murtono
Daisuke Miyoshi
Damanhuri
Damhuri Muhammad
Damiri Mahmud
Danarto
Daniel Dhakidae
Dante Alighieri
Deddy Arsya
Dedy Tri Riyadi
Denny Mizhar
Deny Tri Aryanti
Detti Febrina
Dharmadi
Diah Hadaning
Dian Hartati
Dian Sukarno
Diana A.V. Sasa
Dicky Fadiar Djuhud
Didi Arsandi
Dimas
Dina Oktaviani
Dinas Perpustakaan Daerah Lamongan
Djadjat Sudradjat
Djoko Saryono
Doddi Ahmad Fauji
Doddy Hidayatullah
Donny Anggoro
Dony P. Herwanto
Dorothea Rosa Herliany
Dr. Muhammad Zafar Iqbal
Dr. Simuh
Dwi Arjanto
Dwi Fitria
Dwi Pranoto
Dwicipta
Dwijo Maksum
Edy A. Effendi
Edy Firmansyah
Efri Ritonga
Egidius Patnistik
Eka Budianta
Eka Kurniawan
Eko Hendri Saiful
Elik
Elsya Crownia
Emha Ainun Nadjib
Endah Sulawesi
Endah Wahyuningsih
Endang Suryadinata
Endhiq Anang P
Endri Y
Eriyandi Budiman
Ernest Hemingway
Esai
Esha Tegar Putra
Eva Dwi Kurniawan
Evi Dana Setia Ningrum
Evi Idawati
Evieta Fadjar
F Rahardi
Fabiola D. Kurnia
Fadelan
Fahrudin Nasrulloh
Faidil Akbar
Faisal Kamandobat
Faisal Syahreza
Faizal Syahreza
Fajar Alayubi
Fandy Hutari
Fany Chotimah
Fatah Yasin Noor
Fathor Lt
Fathurrahman Karyadi
Fatih Kudus Jaelani
Fatma Dwi Rachmawati
Fauzi Absal
Festival Sastra Gresik
Fikri. MS
Fina Sato
Fitri Susila
Galih Pandu Adi
Gde Agung Lontar
Geger Riyanto
Gerakan Literasi
Gerakan Surah Buku (GSB)
Gerson Poyk
Ginanjar Rahadian
Gita Pratama
Goenawan Mohamad
Grathia Pitaloka
Gunawan Budi Susanto
Gunoto Saparie
Gus Martin
Gus tf Sakai
Gusti Eka
Hadi Napster
Haji Misbach
Halim HD
Halimi Zuhdy
Hamberan Syahbana
Hamdy Salad
Han Gagas
Handoko F. Zainsam
Hari Santoso
Haris del Hakim
Hartono Harimurti
Hary B. Kori’un
Hasan Gauk
Hasan Junus
Hasif Amini
Hasnan Bachtiar
Hasta Indriyana
Helwatin Najwa
Hepi Andi Bastoni
Heri C Santoso
Heri KLM
Heri Latief
Heri Listianto
Hermien Y. Kleden
Hernadi Tanzil
Heru Emka
Heru Kurniawan
Heru Prasetya
Hesti Sartika
Hudan Hidayat
Humaidiy AS
I Made Asdhiana
I Made Prabaswara
I Nyoman Suaka
IBM. Dharma Palguna
Ibnu Rusydi
Ibnu Wahyudi
Ida Ahdiah
Idayati
Ignas Kleden
Ihsan Taufik
Ilenk Rembulan
Ilham Khoiri
Ilham Yusardi
Imam Cahyono
Imam Jahrudin Priyanto
Imam Muhtarom
Imam Nawawi
Imamuddin SA
Iman Budhi Santosa
Imron Rosyid
Imron Tohari
Indah Darmastuti
Indiar Manggara
Indra Tjahyadi
Indra Tranggono
Indrian Koto
Irma Safitri
Irman Syah
Iskandar Noe
Istiqomatul Hayati
Ita Siregar
Iwan Kurniawan
Iwan Nurdaya-Djafar
Iyut FItra
Jadid Al Farisy
Jafar M. Sidik
Jakob Sumardjo
Jamal D Rahman
Janual Aidi
Javed Paul Syatha
Jayaning S.A
Jefri al Malay
Jihan Fauziah
JJ. Kusni
Jo Pakagula
Johan Edy Raharjo
Joko Pinurbo
Jokowi Undercover
Joni Ariadinata
Joss Wibisono
Jual Buku Paket Hemat
Judyane Koz
Juli Sastrawan
Junaidi Abdul Munif
Jusuf AN
Juwairiyah Mawardy
Kadir Ruslan
Kasnadi
Katrin Bandel
Kedung Darma Romansha
Khairul Mufid Jr
Khamami Zada
Khrisna Pabichara
Kikin Kuswandi
Koh Young Hun
Komunitas Deo Gratias
Komunitas Penulis Katolik Deo Gratias
Komunitas Sastra Ilalang Indonesia (KSII)
Korrie Layun Rampan
Kostela (Komunitas Sastra Teater Lamongan)
Kristianto Batuadji
Kritik Sastra
Kunni Masrohanti
Kunthi Hastorini
Kuntowijoyo
Kurie Suditomo
Kurnia EF
Kurniawan
Kuswaidi Syafi'ie
Kuswinarto
Lan Fang
Landung Rusyanto Simatupang
Latief S. Nugraha
Leila S. Chudori
Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M)
Liestyo Ambarwati Khohar
Linda Sarmili
Liston P. Siregar
Liza Wahyuninto
LN Idayanie
Lucia Idayani
Lukman Asya
Lusiana Indriasari
Lynglieastrid Isabellita
M Hari Atmoko
M. Aan Mansyur
M. Arman A.Z
M. Bagus Pribadi
M. Fadjroel Rachman
M. Harya Ramdhoni Julizarsyah
M. Lubabun Ni’am Asshibbamal S
M. Luthfi Aziz
M. Nahdiansyah Abdi
M. Raudah Jambak
M. Shoim Anwar
M. Yoesoef
M.D. Atmaja
Maghfur Saan
Mahmud Jauhari Ali
Mahwi Air Tawar
Majalah Sastra Horison
Maklumat Sastra Profetik
Malkan Junaidi
Maman S. Mahayana
Mardi Luhung
Marhalim Zaini
Maria Serenade Sinurat
Mario F. Lawi
Marluwi
Marsel Robot
Martin Aleida
Martin Suryajaya
Mashuri
Matdon
Mega Vristian
Melani Budianta
Melayu Riau
Memoar
MG. Sungatno
Mh Zaelani Tammaka
Miftah Fadhli
Miftahul Abrori
Misbahus Surur
Miziansyah J
Mochtar Lubis
Mohamad Ali Hisyam
Mohammad Eri Irawan
MT Arifin
Mugy Riskiana Halalia
Muhajir Arrosyid
Muhamad Rifai
Muhammad Al-Fayyadl
Muhammad Al-Mubassyir
Muhammad Qodari
Muhammad Rain
Muhammad Yasir
Muhammad Zuriat Fadil
Muhammadun A.S
Muhidin M. Dahlan
Muhlis Al-Firmany
Mujtahid
Mulyadi SA
Munawir Aziz
Murniati Tanjung
Murnierida Pram
Musa Ismail
Musfi Efrizal
Mustaan
Mustafa Ismail
N. Mursidi
Nafsul Latifah
Naskah Teater
Nasrullah Nara
Nelson Alwi
Nenden Lilis A
Nh. Anfalah
Ni Made Purnama Sari
Nina Mussolini-Hansson
Nirwan Ahmad Arsuka
Nirwan Dewanto
Noura
Nova Christina
Noval Jubbek
Novela Nian
Nugroho Notosusanto
Nugroho Pandhu Sukmono
Nur Faizah
Nurdin F. Joes
Nurdin Kalim
Nurel Javissyarqi
Nurul Komariyah
Nuryana Asmaudi SA
Nyoman Tusthi Eddy
Nyoman Wirata
Oka Rusmini
Oktamandjaya Wiguna
Oky Sanjaya
Olanama
Olivia Kristina Sinaga
Otto Sukatno CR
Pagelaran Musim Tandur
Pamusuk Eneste
Patricia Pawestri
PDS H.B. Jassin
PDS. H.B. Jassin
Penghargaan Hadiah Sastra Pusat Bahasa
Persda Network
Pipiet Senja
Pramoedya Ananta Toer
Pramono
Pranita Dewi
Pringadi AS
Prita Daneswari
Prof. Tamim Pardede sebut Bambang Tri
Prosa
Pudyo Saptono
Puisi
Puisi Kesunyian
Puisi Sufi
Puji Santosa
PUstaka puJAngga
Putu Fajar Arcana
Putu Wijaya
Qaris Tajudin
R. Sugiarti
Rachmad Djoko Pradopo
Radhar Panca Dahana
Ragdi F. Daye
Rakai Lukman
Rakhmat Giryadi
Ramadhan Batubara
Ramadhan KH
Ratih Kumala
Ratna Indraswari Ibrahim
Ratna Sarumpaet
Raudal Tanjung Banua
Remy Sylado
Reni Susanti
Renny Meita Widjajanti
Resensi
Restu Kurniawan
Retno Sulistyowati
RF. Dhonna
Rian Sindu
Ribut Wijoto
Ridwan Munawwar
Riki Utomi
Riris K. Toha-Sarumpaet
Risang Anom Pujayanto
Riza Multazam Luthfy
Robin Al Kautsar
Rodli TL
Rofiqi Hasan
Rohman Abdullah
Rosidi
Rosihan Anwar
Rukardi
S Yoga
S. Jai
S. Sinansari Ecip
S.I. Poeradisastra
S.W. Teofani
Sabam Siagian
Sabrank Suparno
Saiful Anam Assyaibani
Sainul Hermawan
Sajak
Salamet Wahedi
Salman Rusydie Anwar
Samsudin Adlawi
Sanggar Rumah Ilalang
Sanggar Teater Jerit
Sapardi Djoko Damono
Sartika Dian
Sartika Dian Nuraini
Sastra Tanah Air
Sastra Using
Satmoko Budi Santoso
Saut Situmorang
Sayyid Fahmi Alathas
Sazano
Sekolah Literasi Gratis (SLG) STKIP Ponorogo
Seli Desmiarti
Selo Soemardjan
Senggrutu Singomenggolo
Seno Joko Suyono
SH Mintardja
Sigit Susanto
Sihar Ramses Simatupang
Sipri Senda
Sitok Srengenge
Siwi Dwi Saputro
Sjifa Amori
Sobih Adnan
Sofian Dwi
Sofie Dewayani
Sofyan RH. Zaid
Soni Farid Maulana
Sri Ruwanti
Sri Wintala Achmad
St Sularto
Stefanus P. Elu
Sukron Abdilah
Sulaiman Djaya
Suminto A. Sayuti
Sunaryono Basuki Ks
Sungatno
Sungging Raga
Sunlie Thomas Alexander
Sunu Wasono
Suryansyah
Suryanto Sastroatmodjo
Susanto
Sutardji Calzoum Bachri
Sutejo
Suyadi
Suyadi San
Syaifuddin Gani
Syaiful Amin
Syamsiar Hidayah
Syarbaini
Syifa Amori
Syifa Aulia
Tajuddin Noor Ganie
Taufik Abdullah
Taufik Ikram Jamil
Taufiq Ismail
Taufiq Wr. Hidayat
TE. Priyono
Teguh Afandi
Teguh Ranusastra Asmara
Teguh Winarsho AS
Tengsoe Tjahjono
Theresia Purbandini
Tita Tjindarbumi
Titik Alva-Alvi Choiriyah
Tjahjono Widarmanto
Tjahjono Widijanto
Tjoet Nyak Dhien
Tosa Poetra
Tri Lestari Sustiyana
Triyanto Triwikromo
TS Pinang
Tu-ngang Iskandar
Tulus S
Tulus Wijanarko
Udo Z. Karzi
Ugoran Prasad
Umar Fauzi Ballah
Umar Kayam
Umbu Landu Paranggi
Universitas Indonesia
Universitas Jember
Utada Kamaru
UU Hamidy
Vera Ernawati
Veronika Ninik
W.S. Rendra
Wahjudi Djaja
Wahyu Hidayat
Wawan Eko Yulianto
Wawancara
Wayan Budiartha
Widya Karima
Wijaya Herlambang
Wiji Thukul
Willem B Berybe
Wilson Nadeak
Winarni R.
Wiratmo Soekito
Wita Lestari
Wiwik Widayaningtias
Y. Thendra BP
Y. Wibowo
Yasser Arafat
Yeni Ratnaningsih
Yohanes Sehandi
Yonatan Raharjo
Yonathan Rahardjo
Yopi Setia Umbara
Yos Rizal S
Yos Rizal Suriaji
Yudhi Herwibowo
Yuka Fainka Putra
Yurnaldi
Yushifull Ilmy
Yusri Fajar
Yusuf Suharto
Zainal Abidin
Zainal Arifin Thoha
Zawawi Se
Zen Hae
Tidak ada komentar:
Posting Komentar